Panti Wredha GPIB "Hanna"

Panti Wredha GPIB "Hanna" merupakan rumah tempat penitipan dan tinggal orang-orang tua yang merupakan suatu unit kerja dari Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat "ZEBAOTH" Bogor. Secara resmi terbentuk pada tanggal 5 Desember 1977 oleh Sidang Mejelis Jemaat GPIB pada saat itu.

Tujuan penyelenggaraannya adalah mewujudkan pelayanan kasih Tuhan Yesus Kristus yaitu memberikan pelayanan untuk pemeliharaan rohani dan jasmani bagi orang tua lanjut usia baik dari kalangangereja maupun dari kalangan masyarakat pada umumnya dengan tidak memandang aliran agama.

Pada saat ini berpenghuni 25 orang oma dan opa yang terdiri dari penghuni pria 7 orang (berumur 70 - 84 tahun) dan 18 orang wanita (berumur 59 - 90 tahun). Secara umum kondisi kesehatan penghuni dapat dikatakan baik dan dapat mengurus dirinya sendiri, walaupun demikian terdapat sejumlah penghuni yang harus dibantu karena sudah sangat tua atau pikun/jompo.

Seorang Kepala Rumah Tangga (Ibu Helena Suitela) dibantu 7 orang staff (2 diantaranya tinggal di Panti) mengurus dan memenuhi keperluan penghuni dalam kehidupan sehari-hari yang dimulai dari membangunkan dan memandikan, memasak, mencuci atau keperluan lain seperti pemeliharaan kesehatan atau rekreasi dan pelayanan rohani.

Berbagai fasilitas yang ada di Panti selain kamar tidur dan kamar mandi untuk penghuni adalah: Ruang ibadah, ruang serbaguna, ruang kantor, dapur dan gudang. Melengkapi ruang ibadah terdapat Mimbar dan Organ.

Kegiatan rutin yang berjalan adalah Pelayanan rohani yang mencakup Ibadah Minggu, Kebaktian Persekutuan Wanita, Kebaktian Akhir Minggu (Kebaktian Kunci UsBu), selain itu terdapat juga Ibadah Bersama Persekutuan Kaum Lanjut Usia (PKLU).

Perayaan Paskah dan Natal merupakan kegiatan yang juga diprogramkan secara berkala untuk setiap tahunnya. Selain itu aktivitas olahraga berupa senam untuk lansia diadakan setiap minggu dan diikuti oleh penghuni yang masih sehat. Pemeriksaan kesehatan rutin bulanan dilakukan oleh Petugas dari Puskesmas setempat. Untuk Mengisi waktu terdapat juga aktivitas menyulam dan kerajinantangan lainnya.

Untuk penyelenggaraan seluruh aktivitas pengelolaan panti diperlukan dana yang cukup besar. Syukur kepada Tuhan berkat pemeliharaannya selama hampir 30 tahun penyelenggaraannya pelayanan boleh dikatakan seluruhnya dapat berjalan dengan baik walaupun tentunya terdapat saat-saat yang sulit dimana keperluan melampaui dana yang tersedia.

Dana yang diterima secara tetap selain dari GPIB "ZEBAOTH" Bogor, berasal dari penghuni yang sebagian besar berkontribusi. Bagian terbesar dana yang diterima berasal dari sumbangan atau donatur tidak tetap yang berasal dari Pemerintah (Departemen Sosial), Institusi/Yayasan, maupun yang berasal dari Perorangan.

Selain dari perorangan, terdapat beberapa lembaga/yayasan yang memberikan kontribusi sumbangan antara lain:

  • All Saints Anglican Church, Jakarta
  • Budhist/Vihara Danagun, Bogor
  • Departemen Sosial (Melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Bogor)
  • GPIB "Paulus" Jakarta
  • Yayasan Dharmais Jakarta
  • American Women Association Jakarta

Ucapan terima kasih disampaikan atas segala bantuan yang diterima dan diharapkan dukungan serta bantuan tetap berlanjut di waktu mendatang.

Tuhan kiranya selalu memberkati kita semua.

Dari kami para penghuni Panti Wredha.

Lokasi


Jl. Skip Gg. Gedung Tujuh No. 19
Lawanggintung Bogor

Telpon & Fax


Telpon : (0251) 8317419
Fax : (0251) 8387419

Rekening Bank


Nama bank : BNI cabang Bogor
Nomor Rekening : 3886460 (Giro)